5 Ide Bisnis Sampingan, Buat Tambahan Penghasilan Tanpa Ganggu Kerja Utama

5 Ide Bisnis Sampingan, Buat Tambahan Penghasilan Tanpa Ganggu Kerja Utama

Beherein.com – Berikut ini ide bisnis sampingan yang bisa jadi opsi. Dalam era yang semakin maju, pemasukan berpotensi datang dari bisnis sampingan. Bahkan dalam banyak kasus, bisnis sampingan malah jadi yang utama. 

Analogi kaki dari sebuah meja banyak digunakan sebagai gambaran sebuah pemasukan dalam keluarga. Ketika bergantung pada satu kaki saja, maka sebuah meja langsung berantakan ketika kaki itu patah.

Sementara bila sebuah meja terdiri atas empat atau enam kaki, maka bila salah satunya patah, setidaknya meja itu masih bisa berdiri. Analogi ini juga berlaku pada manusia dan sumber pemasukannya. Semakin banyak sumber pemasukan, maka seseorang masih bisa tenang ketika satu sumber terhenti.

Nah, bisnis sampingan menjadi solusi untuk mendapatkan pemasukan. Dalam satu aktivitas utama, seseorang bisa mendapatkan pemasukan lebih dari satu sumber saja.

Baca Juga:
Pentingnya Memisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Bisnis

Berikut ini deretan ide bisnis sampingan yang bisa menjadi pilihan pada tahun 2022: 

1. Katering atau Jual Makanan

Bila anda bekerja pada sebuah kantor, katering bisa menjadi salah satu ide bisnis sampingan. Katering itu bisa anda pasarkan ke teman-teman sekantor yang statusnya anak kost atau pasutri yang jarang memasak pagi hari.

Usaha ini sudah ngetren di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung hingga Surabaya. Yang paling ngetren adalah healthy food untuk menyempurnakan program diet. Dengan pengetahuan tentang healthy food, maka bisnis ini bisa dijalankan.

Namun, bisnis sampingan juga butuh pengorbanan. Anda harus bangun lebih pagi dan bekerja lebih keras dari rekan-rekan sekantor. Tapi hasil dari kerja itu, anda punya pemasukan lebih dari rekan-rekan sekantor. Menarik bukan?

Baca Juga:
Dapat Suntikan Dana Rp 101 M, Mangkokku Siap Mendunia

2. Desain Grafis