Seorang Calon Haji Embarkasi Jakarta Meninggal di Madinah

Calon Jamaah Haji asal Tulungagung dan Pacitan Positif Covid-19

Beherein.com–Dua jamaah calon haji dan dua petugas asal Kabupaten Tulungagung terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, dua orang calon haji asal Pacitan dari kloter 6 juga positif terpapar Covid-19. Sehingga, mereka harus tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci.

”Jamaah (CJH) yang dinyatakan positif harus menunda keberangkatannya sampai dinyatakan sembuh,” kata Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka seperti dilansir dari Antara.

Dia tak menyebut siapa saja CJH yang terpapar. Namun yang pasti petugas medis yang ditunjuk Dinkes telah proaktif melakukan penanganan sesuai protokol yang telah ditetapkan. Kedua CJH itu berasal dari Kecamatan Ngunut dan Boyolangu.

Kamis (9/6) dini hari, sebanyak 398 CJH, 4 pendamping dan 42 petugas logistik haji akan diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten Tulungagung. Dengan penundaan itu, CJH yang diberangkatkan berjumlah 396 orang.

”CJH yang positif akan diobati hingga lima hari ke depan, lalu dilanjutkan dengan usap PCR. Jika hasilnya positif ya ditunda lagi. Jika negatif, kami serahkan pada Kemenag untuk memberangkatkan,” jelas Didik.

Dia menjelaskan, jika belum sembuh hingga penerbangan terakhir, keberangkatan mereka akan ditunda pada tahun depan. Selain harus negatif Covid-19, CJH diwajibkan sudah vaksin Covid-19 dua kali dan vaksin meningitis.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara