Total Hadiah AFC Asian Cup 2022 Tak Kalah Besar dengan Kejuaraan Lain

Total Hadiah AFC Asian Cup 2022 Tak Kalah Besar dengan Kejuaraan Lain

Beherein.com –  AFC Asian Cup 2022 sesi kualifikasi untuk tim senior negara-negara Asia mulai bergulir. Sebanyak 24 klub terbaik dari seluruh Asia akan bermain dalam kompetisi ini. Total hadiah AFC Asia Cup 2022 pun cukup menggiurkan.

Sayangnya, Timnas Indonesia belum memastikan diri dapat lolos dari babak kualifikasi untuk maju ke penyisihan klub yang digelar 2023 mendatang. 

Data terakhir menunjukkan ada 13 tim yang memastikan diri bakal melanggang ke AFC Asia Cup. Tim-tim tersebut antara lain Australia, Arab Saudi, China, dan Korea Selatan.

Indonesia masih harus berjibaku untuk menjadi bagian dari sebelas tim tersisa yang berhak mengikuti AFC ini. Sayangnya, karpet merah juga tidak bisa didapatkan timnas jika Indonesia mengajukan diri menjadi tuan rumah menggantikan China. 

Baca Juga:
Tumbangkan Kuwait, 4 Pemain Timnas Indonesia Ini Bermain Impresif

Berbicara soal total hadiah AFC Asian Cup, melansir sportscriber.com kampiun AFC Asian Cup akan meraup USD 5 juta. Disusul runner up yang berhak atas USD 3 juta, semi-finalis sebesar USD 1 juta, dan terakhir setiap tim yang berpartisipasi berhak memperoleh USD 200.000. 

Di lain sisi, portal berita Australia ABC News memerinci nominal yang didapat bagi pesepakbola perempuan yang menjadi kampiun dalam AFC Women’s Asian Cup tahun ini. Kompetisi ini sekaligus menjadi jalur kualifikasi untuk Piala Dunia Wanita di tahun yang akan datang.

“AFC berkomitmen untuk mengembangkan sepak bola wanita di seluruh Asia di semua tingkatan dan Piala Asia Wanita AFC telah berada di garis depan dalam menyediakan platform bagi generasi bintang-bintang Asia saat ini dan baru untuk bersinar,” kata juru bicara AFC seperti dilansir media tersebut.

Sejalan dengan misi AFC untuk meningkatkan standar kompetisinya, juara Piala Asia Wanita AFC akan menerima hadiah masing-masing sebesar USD 1 juta. Sementara runner-up dan semifinalis yang kalah akan mendapatkan masing-masing USD 500.000 dan USD 150.000. 

Kendati demikian, hadiah uang justru memperbesar ketimpangan sistem olahraga bagi para pesepakbola laki-laki dan wanita. 

Baca Juga:
Usai Kalahkan Kuwait, Ini 3 Hal yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia

Menjelang Piala Dunia Wanita 2019, misalnya, serikat pemain Professional Footballers Australia (PFA) meluncurkan kampanye yang menarik perhatian pada perbedaan besar antara hadiah uang yang ditawarkan antara Piala Dunia pria dan wanita.