Kekayaan 7 Bakal Calon Presiden Indonesia, Erick Thohir Jadi yang Terkaya

Kekayaan 7 Bakal Calon Presiden Indonesia, Erick Thohir Jadi yang Terkaya

Beherein.com – Kandidat kuat calon presiden (capres) 2024 mulai bermunculan. Selain kiprah politik, masyarakat banyak menyorot perbandingan kekayaan capres 2024.

Nama-nama prominen seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan pun dikabarkan bakal maju dalam kontestasi politik empat tahunan ini. Lalu, di antara mereka siapakah yang paling kaya?

1. Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta itu punya harta kekayaan sekitar Rp10,95 miliar dalam pelaporannya tahun 2021. Harta terbesar Anies adalah enam tanah dan bangunan dengan nilai Rp14,7 miliar. Anies juga memiliki tiga kendaraan dengan total nilai Rp550 juta. Tiga kendaraan itu adalah mobil Honda Odyssey tahun 2016, motor Vespa tahun 1986, dan motor Kawasaki EX250V tahun 2018. Selain itu, Anies juga memiliki harta bergerak lainnya Rp1,36 miliar, surat berharga Rp61 juta, kas Rp1,2 miliar, harta lainnya Rp659 juta, dan utang Rp7,6 miliar.

Baca Juga:
Kader PDIP Diingatkan Jangan Mudah Terbawa Arus, Hasto Kristiyanto: Pilpres Kewenangan Ibu Ketua Umum

2. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi salah satu bakal capres dengan harta terbanyak, mencapai Rp2 triliun. Harta terbesar purnawirawan jenderal itu berbentuk surat berharga dengan total nilai Rp1,7 triliun. Prabowo juga punya tanah dan bangunan sebanyak 10 aset. Total aset Prabowo itu bernilai Rp275,32 miliar. Petinggi Gerindra tersebut pun punya tujuh mobil dengan nilai beragam mulai Rp50 juta sampai Rp400 juta.

3. Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya harta kekayaan sekitar Rp11,78 miliar. Hal itu merujuk LHPKN pada tahun lalu. Sumber terbanyak hartanya adalah dari kas yakni Rp6,8 miliar, disusul delapan bidang tanah dan bangunan dengan total nilai Rp2,6 miliar. Aset-aset ganjar tersebar di Purbalingga hingga Bogor. Lelaki kelahiran Karanganyar itu juga memiliki empat mobil dan dua motor dengan rentang harga Rp10 juta hingga Rp620 juta serta harta bergerak lain senilai Rp705 juta.

4. Erick Thohir

Baca Juga:
Hasto: PDIP Cari Sosok Capres Bukan Berdasarkan Elektoral Tinggi, Sindir Ganjar?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi capres paling kaya. Total hartanya melebihi Prabowo Subianto, yakni mencapai Rp2,3 triliun. Harta terbesar Erick berasal dari surat berharga dengan total nilai Rp1,72 triliun. Eks Presiden Inter Milan ini juga menguasai 34 bidang tanah dan bangunan dengan nilai setara Rp364,2 miliar.