Pengamat Sebut John Wempi Wetipo Cocok Berduet dengan Tito Karnavian

Pengamat Sebut John Wempi Wetipo Cocok Berduet dengan Tito Karnavian

Beherein.com – Sosok John Wempi Wetipo bukan orang baru dalam pemerintahan. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dari Papua itu sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kini, Wempi Wetipo mengemban tugas sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) mendampingi Mendagri Tito Karnavian.

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah mengatakan penunjukan Wempi Wetipo dinilai tepat. Dia dinilai cocok berduet dengan Tito Karnavian karena memiliki latar belakang birokrat dan pengalaman tentang Papua. Ia merupakan mantan Bupati Jayawijaya selama 2 periode.

“Wamendagri dengan Pak Tito, kelihatannya bisa cocok,” kata Trubus kepada Beherein.com, Rabu (15/6).

Dengan berbekal pengalaman sebagai birokrat di Papua, menurut Trubus, John Wempi mampu menyelesaikan masalah pemekaran Papua. Sebab potensi Papua memisahkan diri juga besar, sehingga diperlukan seseorang yang memahami masalah.

“John Wempi Wetipo akan andil dalam masalah pemekaran Papua yang rumit itu, ini dua tahun ini harus menyelesaikan pemekaran Papua. Masih ada pertentangan dari publik Papua sendiri sebagian, tapi juga mau enggak mau harus dilakukan karena potensi pecah juga sangat tinggi. Makanya harus dimekarkan dari provinsi,” katanya.

John Wempi Wetipo lahir di Jayawijaya, Papua, pada 15 September 1972. Wempi Wetipo menempuh pendidikan S1 di Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih dan lulus pada 2011. Ia diberi tugas oleh Presiden Jokowi sebagai Wakil Menteri PUPR periode 2019-2024 untuk mendampingi Basuki Hadimuljono. Dia dilantik pada Oktober 2019. Kini, Wempi Wetipo menjabat Wamendagri dan mendampingi Tito Karnavian.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani