10
Drama Korea Our Blues Tampilkan Peran Karakter Down Syndrom

Drama Korea Our Blues Tampilkan Peran Karakter Down Syndrom

Drama Korea “Our Blues” memperkenalkan aktris Yoon Eun-hye yang berperan sebagai kakak laki-laki Lee Young-ok (Han Ji-min) di episode terbaru minggu ini.

Penampilan Yoon Eun-hye, aktris berusia 32 tahun yang disebut-sebut menderita sindrom Down di kehidupan nyata, menarik perhatian.

Dalam kutipan dari kbizoom pada hari Rabu (25 Mei 2022), Yoon Eun-hye menandai aktris Korea Down Syndrome pertama yang bermain dalam drama tersebut.

Diceritakan, Jung Eun Hye adalah satu-satunya keluarga Young Ok yang tersisa. Wanita itu pergi ke Pulau Jeju untuk mencari saudara kembarnya.

Kemunculan Jung Eun Hye membuat Young Ok marah pada Jung Jun (Kim Woo Bin) yang baru berkencan dengannya. Kenangan pahitnya membayang-bayangi, mengingat dia memiliki anggota keluarga yang cacat.

Episode 14 Our Blues yang menyajikan akting Jung Eun Hye sukses buat penonton terkesima dan berlinang air mata.

Akting Jung Eung Hye ramai menuai pujian hingga drama yang dibintanginya sempat masuk topik pencarian tertinggi di Google Indonesia pada Selasa (24/5/2022).

Sosok Jung Eun Hye
Muncul di Our Blues sebagai saudara Young Ok, Jung Eun Hye dikenal sebagai seniman penderita down syndrome sebelum memulai debutnya di drama.

Jung Eun Hye bernaung di bawah Jamsil Creative Studio dari Seoul Cultural Foundation dalam membuat karya seninya.

Jung Eun Hye dikenal karena lukisan pemandangan pasar Munho River Market di Yangpyeong, Provinsi Gyeonggi, pada 2016 silam.

Dia melukis 4.000 orang sampai dijuluki sebagai “Your Face Painter”.

Jung Eun Hye kerap kali membagikan kehidupan sehari-harinya di kanal YouTube Your Face Eun-hye.

Ibu Eun Hye, Jang Cha Hyun, adalah seorang artis kartun Ttori’s House. Dalam sebuah wawancara dia pernah menceritakan bagaimana kehidupannya membesarkan anak seorang down syndrome.

“Setelah lulus sekolah, orang dewasa yang cacat tidak punya tempat untuk pergi. Eun Hye tinggal di rumah, dan mulai mengalami kemunduran, dia menunjukkan gelaja tic, gejala obsesif-kompulsif penglihatan, dan skizofrenia,” ujarnya.

Keterangan dari ibu Jung Eun Hye menandai bahwa peran Eun Hye di drama Our Blues sebagai penderita skizofrenia juga terjadi di kehidupan nyata.

“Saya mendirikan studio di depan sekolah dan memberi Eun Hye pekerjaan bersih-bersih, tapi dia mulai menggambar setelah melihat anak-anak lain menggambar,” kata Cha Hyun.

“Saat dia mulai fokus menggambar, gejala tic dan skizofrenia menghilang, dan dia melanjutkan hidupnya sebagai orang yang benar-benar normal di masyarakat,” tuturnya.

Kisah Jung Eun Hye sempat dibuat menjadi film dokumenter bertajuk Your Face.

Film itu memenangi Excellence Awards di Seoul Enviromental Film Festival tahun lalu.

Film dokumenter tersebut dikabarkan akan dirilis secara publik pada 23 Juni mendatang.