24
Respon Warganet Terkait Shayne Pattynama Yang Akan Dinaturalisasi

Respon Warganet Terkait Shayne Pattynama Yang Akan Dinaturalisasi

Setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh tiba di kampung halaman, giliran Shane Patinama. Sesampainya di Jakarta, ia akan menyelesaikan proses naturalisasi sebagai pesepakbola nasional Indonesia.

Agenda Shayne Pattynama ke Indonesia tak jauh berbeda dengan yang dilakukan Jordi Amat dan Sandy Walsh. Selama di Indonesia, Shayne mengalami beberapa agenda terkait proses naturalisasi di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi PSSI, pemain Viking FK yang saat ini sedang berlaga di kompetisi tertinggi Norwegia, akan menjalani beberapa kegiatan seperti kunjungan ke Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan menjalani tes kesehatan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi menuturkan jika Shayne Pattynama sudah mengkonfirmasi kedatangannya ke Indonesia untuk melakukan serangkaian agenda terkait proses naturalisasi pemain.

“Shayne sudah konfirmasi akan datang untuk memenuhi rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. Atas arahan Ketua Umum, PSSI akan kembali mengawal proses ini hingga selesai. Pemerintah melalui Kemenpora dan Kemenkumham sangat membantu semua proses ini. Semoga semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan bisa terpenuhi,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, dikutip Kamis, (26/5/2022).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sangan mewanti-wanti untuk proses naturalisasi para pemain keturunan Indonesia agar dikebut dan bisa segera membela timnas Indonesia. Proses naturalisasi tersebut tak lepas dari peran Kemenpora dan Kemenkumham yang membantunya naturalisasi. Kedua pemain kabarnya sudah menyelesaikan agenda dengan kooperatif dan memenuhi semua dokumen penting yang kemudian sudah diserahkan secara resmi ke Kemenkumham dengan status lengkap.

Kedatangan Shayne Pattynama ke Indonesia pekan depan mendapat sambutan hangat dari publik pecinta sepak bola tanah air. Banyak yang berharap kedatangannya bisa membawa dampak positif bagi sepak bola Indonesia.

“Semoga dengan kedatangan pemain naturalisasi bisa membawa hal positif bagi indonesia. Dan membagi pengalaman bermain di eropa. Supaya banyak yang abroad,” kata salah seorang netizen.

“Wah kira-kira selesai ngga ni naturalisasinya. Kalau belum selesai, semoga aja kualifikasi piala Asianya ditunda beberapa minggu, biar pemain keturunan bisa selesai naturalisasinya wkwk. Kurang yakin aja soalnya kalau tanpa pemain naturalisasi,” ungkap netizen yang lain.

“Shayne, elkan, jordi, walsh, dan klok lumayan pertahan timnas bakal kuat di kualifikasi afc, itu pun kalo keburu selesai naturalisasinya,” kata netizen lainnya.