15
Puan Maharani Singgung Hal Ini Saat Di Forum GPDRR 2022

Puan Maharani Singgung Hal Ini Saat Di Forum GPDRR 2022

Ketua DPR Puan Mahalani akan menjadi pembicara di 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali. Pada Forum Mitigasi Risiko Bencana PBB ini, Puan menghimbau semua negara untuk mengambil langkah konkrit untuk mengatasi masalah bencana.

“Konferensi ini merupakan upaya bersama untuk membangun komitmen nasional di planet ini,” kata Puan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) di Bali, Kamis (26/5/2022). Ya.

Puan menyebut, komitmen antarbangsa dan negara sudah sering dilakukan dalam berbagai forum, kerja sama, dan pertemuan-pertemuan.

“Bahkan komitmen memajukan kepentingan bersama dan kerja sama telah dilakukan sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955,” ucapnya.

Menurut Puan, Pandemi Covid-19 telah menjadi wake up call pentingnya upaya dan kerja bersama dalam menghadapi masalah-masalah global. Ia menegaskan perlu upaya bersama menyelesaikan permasalahan global seperti kerentanan pangan, energi, air bersih  sanitasi, dan kelestarian alam.

Puan menyoroti kesenjangan capaian kemajuan antar-negara. Hal tersebut, kata Puan, membuat negara-negara di dunia memiliki sikap yang berbeda dalam mengeksploitasi alam sebagai sumber untuk pendapatan negara.

“Persaingan ekonomi global dan perkembangan industri, telah menciptakan kesenjangan antarnegara dalam mengeksploitasi alam, pemanfaatan teknologi eksploitasi dan jalannya pembangunan yang berkaitan dengan lingkungan hidup,” ujar Puan.

Menurut Puan, kesadaran dan komitmen menjaga kelestarian dan daya dukung alam dan lingkungan hidup perlu dibangun. Dia mengingatkan berbagai masalah lingkungan seperti kerusakan dan pencemaran masih terus ditemukan.

“Sejak deklarasi Dasasila Bandung 1955, yang bercita-cita setiap bangsa merdeka dan sejahtera, hingga saat ini masih ditemukan berbagai kasus kekurangan pangan, air bersih, kerusakan lingkungan hidup, pencemaran lingkungan hidup, yang masih banyak ditemukan,” ujar Puan.

 

Hadir dalam acara ini, Presiden Sesi ke-76 UN General Assembly (Presiden Majelis Umum PBB), Abdulla Shahid dan Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana, Mami Mizutori.

Ajang GPDRR 2022 bertujuan meningkatkan upaya melalui komunikasi dan koordinasi antara para pemangku kepentingan seperti pemerintah, PBB, organisasi dan institusi internasional, LSM, ilmuwan atau akademisi, dan pelaku sektor swasta. Indonesia menjadi tuan rumah pada pertemuan ke-7 ini.

Lewat GPDRR, para pemangku kepentingan diharapkan dapat berbagi pengalaman dalam merumuskan panduan strategis untuk pelaksanaan kerangka global PRB (Pengurangan Risiko Bencana) atau Sendai Framework for DRR (Disaster Risk Reduction) 2015-2030.